April-Mei 2012 Perempuan Salihara Gelar ‘Menjunjung Bunda Bumi’

Perempuan Salihara sebulan gelar Menjunjung Bunda Bumi, April-Mei 2012

[REBELZINE] – Selama April-Mei 2012 Komunitas Salihara menampilkan “Forum Seniman Perempuan Salihara: Menjunjung Bunda Bumi”-di mana para seniman perempuan dari berbagai disiplin seni akan mengolah tema-tema tentang tubuh perempuan dan aspirasi perempuan.

Sebagaimana kita ketahui, dalam lima belas tahun terakhir ini makin banyak seniman perempuan berkiprah dalam khazanah kesenian kita. Mereka, para seniman perempuan itu, telah mengubah karakter, wawasan dan lingkungan penonton kesenian kita-dan, lebih luas lagi, bersama dengan gerakan perempuan di bidang- bidang lain, mengubah wacana dan amalan dalam kehidupan sosial-budaya kita.

Dalam “Forum Seniman Perempuan Salihara: Menjunjung Bunda Bumi” akan tampil seniman-seniman perempuan Indonesia terkini dengan karya-karya terbaru mereka. Forum ini adalah mosaik yang padat dari pelbagai tema, bentuk, dan kecenderungan: bahwa gerakan perempuan di lapangan artistik selalu bersifat majemuk dan terus-menerus memperbaharui diri.

Dalam arti tersebut, para seniman perempuan kita, sebagaimana ditunjukkan oleh mereka yang hadir dalam forum ini, selalu mencari sumber-sumber penciptaan baru. Alih-alih bersifat eksklusif-misalnya saja, “memelihara kekhasan dunia perempuan”-mereka selalu melakukan dialog intensif dengan dunia laki-laki, dengan budaya-budaya lain. Di forum ini juga tampil seniman-seniman perempuan dari mancanegara yang, sebagaimana seniman-seniman perempuan kita termaksud, juga berkreasi secara lintas-budaya.

“Menjunjung Bunda Bumi” adalah tema khusus yang kami lekatkan ke forum ini untuk menggarisbawahi wawasan lingkungan yang terkandung dalam berbagai kreasi para seniman perempuan itu. Lingkungan termaksud bukan hanya lingkungan alam, tapi juga lingkungan budaya, yang harus dirawat terus-menerus sebagai sumber-sumber terbarukan, untuk melahirkan para pencipta baru di masa depan.

Para seniman perempuan adalah kaum bunda yang dengan tekun, melalui karya mereka, menjunjung dan menghidupi Bunda Bumi, yang telanjur dibuat tidak subur oleh tubuh-tubuh dan aspirasi maskulin selama ini. “Forum Seniman Perempuan Salihara: Menjunjung Bunda Bumi” adalah irisan antara aspirasi keperempuanan di lapangan artistik dan wawasan lingkungan publik. :: REBELZINE.com

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai “Forum Seniman Perempuan Salihara: Menjunjung Bunda Bumi”, silakan hubungi info@salihara.org atau 0817-077-1913, 0812-8184-5500, 0857-193-111-50, 021-9974-5934, 0838-9963-0361.

Sampai bertemu di Komunitas Salihara! (*)

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: