Brigjen Rumiah, Kapolda Perempuan Pertama Indonesia

 

Rumiah janji tak kecewakan polwan yunior

Kapolda Banten, Brigjen Rumiah menyatakan sebagai kapolda wanita pertama di Indonesia dia akan bekerja lebih keras agar tidak mengecewakan para polwan yunior.

“Jangan sampai nanti dengan kinerja saya yang dinilai kurang baik akhirnya yunior-yunior saya nanti tidak mendapatkan kesempatan,” kata Brigjen Rumiah dalam wawancara dengan BBC.

Komisaris Besar Rumiah dilantik sebagai Kepala Kepolisian Daerah Banten oleh Kepala Kepolisian Negara RI, Jenderal Sutanto tanggal 23 Januari 2008.

Dengan pengangkatan tersebut, pangkat Rumiah naik menjadi Brigadir Jendral. Dia sekaligus mencetak lembaran sejarah baru sebagai kapolda wanita pertama di Indonesia.

Jangan sampai kinerja saya yang dinilai kurang baik, yunior-yunior saya nanti tidak mendapatkan kesempatan.

Brigjen Rumiah
Kapolda Banten

Dia menambahkan wajar apabila kinerjanya sebagai kapolda wanita pertama di Indonesia akan senantiasa diawasi dan mungkin akan dijadikan barometer bagi pengangkatan-pengangkatan polwan berikutnya.

Munculnya Brigjen Rumiah sebagai Kapolda Banten ini menyusul terpilihnya wanita sebagai gubernur Banten, Ratu Atut Chosiah.

“Saya berharap lebih bisa bersinergi dengan Ibu Gubernur. Mungkin perasaan seorang ibu itu bisa sama,” kata polwan lulusan IKIP Surabaya itu.

Nantikan Tokoh BBC Siaran Indonesia dengan tamu Kapolda Banten, Brigjen Rumiah, Minggu, 29 Juni 2008, siaran pukul 05.30 WIB.

Tokoh versi panjang bisa anda dengarkan melalui puluhan radio FM mitra BBC yang secara khusus menyiarkan acara ini, Senin, 30 Juni 2008, pukul 06.00 WIB.

Pendidikan

Sebelum duduk di kursi Kapolda Banten, Rumiah yang lulusan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya, telah menyelesaikan berbagai jenjang pendidikan lanjutan bagi perwira.

Di antaranya, Sekolah Staff Komando Angkatan Darat , Seskoad, Sekolah Staf dan Pimpinan Administrasi Tingkat Tinggi Polri, Sespati.

Brigjen Rumiah pernah menjabat sebagai Kepala Sekolah Polisi Wanita dan Sekretaris Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri

Heri Sudrajat, ketua Indonesian Police Watch, sebuah LSM yang mengawasi masalah polisi Indonesia, mengatakan Brigjen Rumiah sejauh ini melanjutkan program kerja kapolda sebelumnya.

Riwayat singkat
Lahir di Tulungagung, 19 Maret 1952
Tahun 1975 lulus IKIP Surabaya
Tahun 1978 lulus Sepamil
Tahun 1995 lulus Seskoad
Tahun 2003 lulus Sespati
Tahun 2008 diangkat sebagai Kapolda Banten

Namun dia mencatat kapolda baru di Banten ini giat mengembangkan kepolisian masyarakat sampai ke desa-desa.

Menurut catatan Indonesian Police Watch saat ini terdapat sekitar sembilan polwan yang menjabat posisi strategis memimpin kewilayahan seperti polres dan polsek, meski baru Brigjen Rumiah yang menjabat Kapolda.

Jumlah ini mungkin relatif sedikit, mengingat jumlah polwan di seluruh Indonesia sekitar 3,25 persen dari sebanyak 374.526 anggota Polri.

Wartawan senior Kompas yang banyak mengamati masalah perempuan, Maria Hartiningsih, mengatakan, jabatan di Polri masih bersifat hirarkis dan patriarkis, walau dia mengakui keberadaan Brigjen Rumiah sebagai kapolda wanita pertama merupakan hal positif. :: BBC Siaran Indonesia/Rohmatin Bonasir

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: