Celine dan Adeline Wakili Indonesia di Kompetisi ‘Kids Witness News’ Sedunia

 [KOMPAS] – Tim Indonesia pemenang Kid Witness News, yang terdiri dari Celine dan Adeline, berangkat ke Tokyo, Jepang, Minggu (15/6), untuk bertarung dalam ajang kompetisi internasional video lingkungan. Mereka akan bersaing dengan karya anak-anak lain dari Inggris, Hongkong, Amerika Serikat, Jepang, dan Polandia. Harapan yang diusung adalah hasil yang lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Hal itu disampaikan Corporate Communication PT Panasonic Gobel Indonesia Susy Darmayanti, Minggu. Menurut dia, tahun lalu tim Indonesia dari SD Islam Dian Didaktika berhasil menduduki posisi runner up. ”Kalau bisa sekarang ya lebih baik dari itu,” ujarnya. Alasannya, kali ini peserta Kid Witness News (KWN) lebih banyak, yaitu 200 peserta. Tahun lalu pesertanya hanya 10 sekolah, yaitu sekolah yang ditunjuk Departemen Pendidikan Nasional.

Video garapan Celine dan Adeline bertutur tentang bakau. Mereka mengambil kisah-kisah lingkungan tentang konservasi bakau di Jakarta dan sekitarnya. ”Lomba ini amat baik karena anak- anak yang semula tidak terlihat bakatnya menjadi terpicu lebih aktif dan kreatif,” ujar Shantyaswari Prihandini, Kepala Sekolah SD Jubilee School. Dia akan mendampingi anak-anak didiknya itu ke Jepang bersama dengan Subagjo dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Kegiatan untuk mengasah kepekaan lingkungan sekaligus berkompetisi dan memetik keterampilan membuat video bagi anak-anak itu akan kembali diadakan oleh Panasonic dalam kegiatan lomba KWN 2008.

Pada lomba KWN, anak-anak usia 10-15 tahun—sebagai syarat peserta—untuk tahap pertama akan diminta membuat jalan cerita mengenai persoalan di sekitar lingkungannya. Jalan cerita dapat berupa naskah skenario, story line atau storyboard (dengan gambar), untuk jenis tayangan reportase, drama, dokumenter, animasi, dan bentuk kreatif lainnya, tetapi bukan iklan.

Naskah dapat dikirim ke PO BoxPanasonic Jakarta 12000 dengan kode KWN 2008 di sudut kiri atas. Formulir dapat diunduh dari www.kwn-id.com. (isw) :: KOMPAS/16 Juni 2008/

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: