Christa dan Fransisca Raih Emas Di Kontes Matematika Tingkat SD Dunia

Suasana lomba di Po Leung Kuk Primary Mathematics Contest, Hongkong.

Suasana lomba di Po Leung Kuk Primary Mathematics Contest, Hongkong.

Jakarta – Tim Indonesia yang terdiri atas delapan siswa SD dari Jakarta, Bekasi, Semarang dan Surabaya meraih lima medali emas dan satu perak untuk kontes individu dan the best overall team sebagai grand champion, dalam kontes matematika “The 12th Po Leng Kuk Elementary International Contest for Math“, di Hongkong, 12-15 Juli 2008.

“Ini sebuah prestasi luar biasa karena dari dua tim yang dikirim Indonesia, seluruhnya mampu memberikan yang terbaik, apalagi anak-anak ini baru setingkat SD namun prestasi sangat membanggakan,” kata Direktur Pembinaan TK dan SD Ditjen Mandikdasmen Depdiknas, Mudjito Ak, kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Tahun 2007 lalu, pada ajang yang sama tim Indonesia hanya meraih satu emas, sehingga belajar dari pengalaman lalu, Direktorat TK dan SD bersama sekolah dan tim pelatih mempersiapkan secara lebih matang dan hasilnya ternyata memang menggembirakan.

Dikatakannya, Indonesia hanya diperbolehkan mengirimkan dua tim dari total 43 tim karena keikutsertaan Indonesia pada ajang tersebut masih relatif baru.

Sedangkan negara lain, seperti Filipina, Thailand, Taiwan, China, Amerika Serikat dapat mengirimkan lebih dari dua tim karena telah berpartisipasi sejak awal.

“Filipina mengirimkan sampai enam tim, tetapi Indonesia yang mengirim dua tim langsung memberikan prestasi terbaik selain emas dan perak dari kontes individu, juga the best overall team yang merupakan gabungan nilai individual dan nilai kelompok,” kata Mudjito.

Kemenangan yang diraih tim Indonesia di Hongkong melengkapi kemenangan sebelumnya yang diraih pada ajang sejenis di Singapura pada Mei 2008, karena tim Indonesia yang merupakan utusan langsung dari masing-masing sekolah meraih empat emas, imbuhnya.

Penghargaan Grand Champion untuk kategori The Best Overall Team diraih bersama empat negara lainnya yakni Bulgaria, AS, China, Taiwan dan Filipina.

Sementara itu, Christa L Sutanti, salah satu peraih medali emas dari SD Tirta Penabur Jakarta, mengatakan dirinya memang menggemari matematika karena belajar angka-angka memang menyenangkan.

“Senang sekali mendapat kesempatan bertanding, apalagi bertemu dengan teman-teman dari negara lain. Saya dan teman-teman ingin memberikan terbaik dan ternyata menang,” katanya.

Lima siswa peraih medali emas, yakni Richard Akira Heru (SD PL Bernadus Semarang), Peter Young (SD Santa Maria Surabaya), Stefano Chiesa S (SD Theresia Jakarta), Christa L Susanto (SD Tirta Marta Penabur Jakarta), Fransisca Susan (SD Santa Ursula Jakarta) dan satu perak diraih oleh Reynaldi (SD Al Azhar Kemang Pratama Bekasi).

Dikutip dari: http://www.setneg.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=2362&Itemid=55

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: