Dewi dan Diana Raih Penghargaan Kreatif British Council 2012

Dewi Tanjung (Kanan) dan Diana Rikasari (kiri) meraih penghargaAn IYCE Awards 2012 pada malam Awarding Night IYCE Awards 2012 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 14 Juli 2012. foto >> Ahmad Fauzan Sazli

[KABARKAMPUS] – Dua perempuan wirausahawan kreatif muda Indonesia menjadi juara pada International Young Creative  Enterpreneur (IYCE) Awards British Council 2012 pada Awarding Night IYCE Awards 2012 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabtu, 14 Juli 2012. Mereka terpilih setelah bersaing dengan 20 finalis lainnya memperebutkan penghargaan tertinggi pada Kategori Desain dan Fesyen dan Kategori Film dan Interaktif.

Untuk Kategori Desain dan Fesyen diraih oleh Dewi Tanjung (17 Mei 1978). Ia adalah pemilik CV De Tanjung Indonesia. Bermodalkan 50 ribu rupiah, Dewi berhasil mengembangkan De Tanjung. Bisnis ini bergerak dalam memproduksi kerajinan tradisional, kartu undangan pernikahan, dan souvenir. Berdiri 2003, bisnisnya mengkhususkan diri pada penggunaan barang daur ulang seperti botol, kain perca, dan dedaunan kering. Ia memberdayakan komunitas wanita di perkampungan Banjararum dan penjara wanita Sukun untuk memproduksi kerajinan tradisional ini. Dewi Tanjung merupakan pemenang Wirusaha Muda Mandiri 2010 kategori Industri Kreatif. De Tanjung telah melayani lebih dari 1.200 klien dalam dan luar negeri, seperti London, Paris, Adelaide, New York, Amsterdam, Arizona, dan Kuala Lumpur. Produk De Tanjung telah menjadi buah tangan Malang favorit selebriti dan tokoh terkemuka Indonesia.

Sedangkan untuk Kategori Film dan Interaktif diraih oleh Diana Rikasari (23 Desember 1984). Ia adalah Penulis blog dan pemilik UP! Shoes. Terobosan Diana dalam industri fashion e-commerce untuk lini sepatunya menggunakan media digital dan internet. Toko online UP! tidak hanya memberikan pengalaman berbelanja yang cepat dan menyenangkan, namun juga meyediakan ruang yang bisa dinikmati oleh pengunjungnya, seperti mengunduh wallpapers, ring tone dan tema handphone gratis, penyediaan konsultasi mengenai ukuran, desain dan bahkan kepemilikan halaman profil sendiri. Lebih dari sekedar usaha sepatu, UP! sukses membangun sebuah komunitas. Kepeduliannya pada masyarakat, terutama anak-anak yang membutuhkan pendidikan dibuktikan melalui program beasiswa Level UP!.

Kedua pemenang ini akan mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Inggris. British Council akan mempertemukan YCE Inggris dengan kelompok internasional dan membuka akses seluas-luasnya kepada para pemenang untuk berkolaborasi secara internasional. Melalui kunjungan singkat ke Inggris selama tujuh hari, bersama wirausahawan kreatif muda lainnya dari 27 negara, mereka  akan berjejaring dengan pemuka industri di Inggris, berpartisipasi dalam kegiatan masterclass eksklusif, dan berkesempatan untuk mempromosikan usaha kreatif mereka dalam festival internasional.[]

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: