Diah Bawa Anggar Indonesia ke Olimpiade 2012

[SPORTIPLUS] – Setelah 26 tahun absen, olahraga anggar Indonesia tampil lagi di Olimpiade. Diah Permatasari jadi penentu. Tak diharapkan, Diah malah mampu beri bukti.

Diah meraih tiket ke Olimpiade 2012 London di babak pra-kualifikasi Olimpiade di Wakayama, Jepang, Sabtu (21/4/2012). Atlet asal Jawa Timur itu turun di nomor sabel kelas puteri. Ia satu-satunya wakil anggar Indonesia di Olimpiade London, yang akan berlangsung 27 Juli-12 Agustus 2012.

Diah adalah atlet yang ikut kualifikasi program Indonesia Emas (Prima). Dalam perjuangannya di Jepang, Diah singkirkan lawannya dari Lebanon di 8 besar dan Singapura di semifinal.

“Diah meraih perunggu dan jadi peringkat 3 dunia untuk nomor sabel puteri. Sementara Riski, Isnawati, dan Hairullah hanya sampai 8 besar. Adalah sejarah bagi cabang olahraga anggar lolos sampai Olimpiade. Baru kali ini tim anggar bisa tampil di Olimpaide,” kata Muslimin, manajer Timnas Anggar.

Ketua Umum PB IKASI (Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia) Tono Suratman pun bahagia mendengar kabar itu. Padahal, anggar bukanlah cabang yang selama ini digembor-gemborkan masuk proyeksi Olimpiade.

Diah akan berangkat ke China untuk berlatih dan beruji coba mulai Mei 2012. Tono menyebut akan mengikutsertakan sparing partner untuk Diah selama berada di China.

“Rencananya, akan ada 2 atlet putera dan 2 puteri, termasuk Diah, yang kami berangkatkan ke China. Tempatnya sama seperti training camp sebelum SEA Games XXVI-2011,” ucap Tono yang juga Ketua Umum KONI Pusat, Minggu (22/4/2012).

Itu sesuai dengan pernyataan Mennegpora Andi Mallarangeng. Andi menyebut siapa pun yang lolos akan diberangkatkan meski bukan dari cabang yang diproyeksikan sebelumnya.

Lolosnya Diah juga menambah kuota atlet menuju London. Sebelumnya baru 4 cabang dengan 15 atlet yang pasti berangkat, yakni Bulutangkis, Angkat Besi, Renang dan Panahan. :: sportiplus.com/April2012

 

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: