Kisah Sukses Usaha Jilbab Lima Perempuan Cacat

[SURYA] ~ Keterbatasan kemampuan tubuh ternyata memberi kelebihan dalam tekad dan semangat berusaha. Berbekal keahlian menyulam, menjahit dan ketrampilan lainnya sekelompok perempuan penyandang cacat maju ke arena persaingan pasar dengan membentuk kelompok usaha bersama (KUB) Anggrek di Dusun Ketiron, Desa-Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Barat. Dalam dua tahun saja, setiap bulan kelompok usaha ini sudah mampu mengirimkan 8.000 jilbab ke Jakarta, Surabaya serta kota-kota lainnya.

“Awalnya, dua tahun lalu, kami beranggota lima orang yang semuanya cacat tubuh. Dengan modal seadanya ternyata produksi jilbab kami laris manis,” kenang Sapto Yuli Ismiarti ditemui Surya di sela-sela acara Pasar Ramadan yang berlokasi di halaman Pemkab Pasuruan, Senin (25/8/2008). Dengan kerja kerasnya bersama empat kawannya yang lain, usaha perempuan berjilbab beranak tiga yang kakinya harus ditopang dengan besi ini berhasil berkembang pesat. Dari 5 orang itu, Yuli berhasil merekrut kawan-kawannya yang juga penyandang cacat hingga 20 orang. Bahkan Yuli dan keempat kawannya juga merekrut tenaga kerja dengan tubuh normal hingga sebanyak 30 orang.

“Usaha kami berkembang berkat binaan instansi terkait yang sangat membantu, sehingga order semakin banyak. Kami terus merekrut pekerja baik yang cacat tubuh maupun yang normal dan total mencapai 50 orang,” terang Yuli.

Kendati cacat fisik, masing-masing anggota KUB Anggrek memiliki keahlian khusus. Aprilia, perempuan dengan tinggi tubuh hanya 50 centimeter, ternyata kaki dan tangannya yang pendek itu sangat piawai mendesain motif jilbab. Lestari, yang kedua kakinya cacat, sangat ahli menjahit. “Kalau saya kebagian menyulam jilbab dan seharinya minimal dapat menyelesaikan 25 jilbab. Hasilnya dapat untuk membantu kebutuhan rumah tangga,” urai Hiroh yang tangan kirinya mengecil ini.

Harga jilbab produksi KUB Anggrek bervariasi antara Rp 4.000 hingga Rp 70.000. Jilbab yang harganya termurah umumnya dibeli oleh para jamaah haji untuk dijadikan cinderamata bagi para tamu yang bertandang. Jilbab yang dihargai Rp 70.000 kualitasnya bagus dengan disain motif sangat indah, dan peminatnya rata-rata dari kelas ekonomi menengah ke atas.

Pasar Ramadan, yang digelar oleh Pemkab Pasuruan, menampilkan produk-produk unggulan dari berbagai kecamatan di kabupaten itu. Tersedia pula tawaran paket sembako murah bagi para pengunjung. Gula yang di pasaran berharga Rp 5.500, di Pasar Ramadan dijual Rp 4.500 setiap kilonya. Beras yang harga normalnya Rp. 5.000/kilo atau Rp 15.000 untuk tiga kilo dijual dengan harga Rp 12.000 per tiga kilo.

“Pasar Ramadan digelar serempak di delapan kecamatan, dan panitia menyediakan sebanyak 5.671 paket sembako yang hanya dijual Rp 20.000 per paket,” kata Noor Edy Putranto, Kabag Perekonomian saat mendampingi Bupati Pasuruan, Dade Angga. [SuryaOnline/agustus2008]

You may also like...

4 Responses

  1. putmartin says:

    mari kita sama sama berinteraktif dalam mangangkat harkat dan martabat penyandang cacat, untuk itu kita dapat bertukar informasi mengenai kondisi penca di tanah air, salam kenal, terima kasih ; put martin medan / blog Suara PENCA, mari saling berkunjungan.

  2. aan says:

    terharu

  3. Hello sdr Firmansyah:

    Yang anda bisa lakukan adalah melacak alamat kontak Bu Sapto Yuli/KUB Anggrek melalui Pemkab Pasuruan yang mendampingi usaha mereka:

    Pemerintah Kabupaten Pasuruan
    Jl. Hayam Wuruk No.14
    Pasuruan 67155
    Jawa Timur
    T: 0343-419174 / F: 0343-429064
    website >> http://www.pasuruankab.go.id

    Berikut ini webpage berisi alamat-alamat berbagai dinas Pemda Jatim:

    http://www.d-infokom-jatim.go.id/konten.php?idf=jt&id=102

    Jika anda berhasil, dapatkah anda berbagi alamat Bu Sapto Yuli di sini agar bisa berguna juga buat pengunjung lain?

    Selamat, semoga sukses mendukung teman-teman di KUB Anggrek!

  4. Firmansyah says:

    tolong saya minta contact person Bu sapto Yuli Pasuruan.
    Saya tertarik sekali untuk membantu distribusi dan pemasaran untuk wilayah sumatera. terima kasih,
    firmansyah
    085273299216, 085292390600

Leave a Reply

%d bloggers like this: