Tentang Langit Perempuan

 

melangitLangit PerempuanĀ hadir sejak Juni 2008 sebagai ruang nirlaba yang independen, terbuka bagi siapa pun untuk melangitkan cerita/berita tentang sumbangsih-sumbangsih perempuan Indonesia. Bisa sumbangsih perempuan sehari-hari yang luarbiasa, atau sumbangsih perempuan luarbiasa dalam kesehariannya.

Dia bisa berusia 9 tahun atau 99 tahun. Bisa perorangan, bisa kelompok. Pengertian perempuan di sini adalah seluas-luasnya, lintasbatas, sebagai insan manusia utuh-penuh dengan segala potensinya, tidak sebatas peran-perannya sebagai ibu, istri atau perempuan karir.

Sementara, ‘sumbangsih’ di sini adalah ‘suatu pemberian bernilai kepada orang banyak’, bukan dalam arti kebendaan/uang melainkan dalam arti gagasan, pengabdian atau karya yang membawa perubahan/perbedaan nyata yang bermanfaat bagi orang banyak.

Karena suatu sumbangsih nilainya abadi, maka di sini tidak ada keharusan menghadirkan cerita yang kini. Dari masa kapan pun, suatu sumbangsih akan selamanya suatu sumbangsih. Langitkan cerita, berita, kutipan, amatan Anda tentang perempuan-perempuan seperti itu di sekitar Anda atau yang anda pernah tahu.

Dengan beramai-ramai menghimpun cerita/berita sumbangsih perempuan Indonesia di bawah satu langit, diharapkan kelak kita semua dapat membangun gambaran perempuan Indonesia yang seutuhnya di mata dunia. Sejarah perempuan Indonesia menanti untuk ditulis oleh kita sendiri. Langitkan tulisan/naskah/cerita anda, login.

Langit Perempuan hadir sebagai teman dari Milis Perempuan yang sejak Juli 1998 membuka ruang berbagi untuk dimanfaatkan perorangan, kelompok maupun lembaga yang langsung atau tidak langsung bergiat di isu-isu yang terkait dengan kesetaraan gender dan hak-hak asasi manusia perempuan. Milis Perempuan sejauh ini telah menjadi tempat berjaring lebih dari 1000 anggota, dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia, untuk saling tukar informasi, pendapat dan pengalaman. Website >> http://groups.yahoo.com/group/perempuan.

 

Terima kasih atas kunjungan dan dukungan anda.

Nani Buntarian

Langit Perempuan + Milis Perempuan
Kirim email >> Langit Perempuan

Prakarsa perempuan independen Indonesia sejak 2008.

Hak cipta isi milik sumber masing-masing naskah.