Perempuan Di Dua Dusun Sambung Jalan Pakai Con-Block

dusun_keji1 (http://www.p2kp.org)Dusun Keji I dan Keji II adalah dua desa berdampingan di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hanya ada satu jalan yang menghubungkan kedua dusun itu dan diandalkan masyarakat kedua dusun setiap harinya. Namun, jalan lintas ini selalu berdebu di musim kemarau dan becek di musim hujan.

Warga kedua dusun sempat mengadakan rembug warga guna membahas perbaikan jalan ini. Hasilnya, disepakati menata jalan dengan paving (conblock). Dana swadaya pertama kali telah dikumpulkan dan berhasil membuat 100 meter paving yang melintasi dua dusun tersebut.

Kemudian, muncullah ide mengajukan pendanaan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Amanah dari dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) I untuk kegiatan lingkungan. Masyarakat pun membuat KSM Manunggal di Dusun Keji II dan KSM Mandiri di Dusun Keji I.

Dana stimulan yang dicairkan dari BKM untuk masing-masing dusun ini adalah Rp 6,5 juta. Dana tersebut dinilai tidak cukup untuk membuat jalan dengan paving, maka dikumpulkan dana swadaya masyarakat.

Di Dusun Keji I dana swadaya yang terkumpul berjumlah Rp 21.075.000, sedangkan di Dusun Keji II terkumpul Rp 22.676.000. Berbekal dana BLM dan swadaya itu, dibuatlah jalan paving sepanjang 200 meter persegi di masing-masing dusun. Alhasil, warga yang memanfaatkan kegiatan tersebut mencapai 200 kepala keluarga di kedua dusun.

dusun_keji2 (http://www.p2kp.org)Satu hal yang menarik, kegiatan pemasangan paving di Dusun Keji I dan Keji II ini tidak hanya melibatkan kaum pria. Kaum perempuan pun turut berpartisipasi aktif memasang paving.

Biasanya, dalam kegiatan serupa, ibu-ibu hanya terlibat urusan “belakang” saja, alias menyediakan konsumsi. Tetapi, pada kegiatan pemasangan paving ini, ibu-ibu juga aktif mengaduk semen, membawa paving dengan gerobak, membuat list jalan sebagai pengunci paving, mengangkut pasir, menata paving, dan lain-lain.

Di hari kerja, pemasangan paving dilakukan pada malam hari. Karena, waktu pagi hingga sore, masyarakat di kedua dusun ini sibuk bekerja. Sedangkan di hari libur, pemasangan paving dikerjakan mulai pagi hari.

Pemasangan paving diselesaikan sekitar satu bulan. Hasilnya tidak mengecewakan! Paving terpasang rapi dan sedap dipandang mata.

Selain menumbuhkan kepedulian yang tinggi, pemasangan paving ini juga memicu masyarakat melanjutkan kegiatan tersebut, khususnya memasang paving di jalan-jalan setapak yang belum dipaving.

“Sudah lama kami menginginkan jalan-jalan di Dusun Keji I dan Keji II ini bebas dari debu, karena anak-anak jadi sering batuk akibat debu,” ujar Siti, salah satu penduduk di Dusun Keji II. (Yustina Tri Wahyuningsih, Tenaga Ahli Sosialisasi KMW XIII P2KP-2 Jateng/Tim Sosialisasi KMP P2KP-2; Firstavina)

Informasi lebih lanjut tentang kegiatan BKM Amanah dapat menghubungi:

BKM Amanah
Desa Keji, Kecamatan Muntilan,
Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Contact Person: Rini, Tlp. 0293-585215

KMW XIII-P2KP 2
Jln. Sudiro No. 5 Prajenan,
Magelang, Jawa Tengah.
Tlp. 0293-326513

sumber: Best Practice P2KP, http://www.p2kp.org/bestpracticedetil.asp?mid=32&catid=1& |
11 Feb 2008

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: