Tim Tari SMA 70 Sapu 3 Anugerah Internasional

Tim Tari SMA 70 Jakarta pada ajang Iskele 2013 di Siprus.

[TEMPO] – Lagi dan lagi-lagi pemuda bangsa kita menorehkan prestasi di Internasional, kali ini dari Tim Tari Tradisional SMA 70 Jakarta yang mampu menyapu tiga penghargaan, yakni Best Music Award 2013, 3rd Award 2013 dan  Miss Sky Venus – Beauty Contest Award 2013, dalam ajang International Iskele Municipality Fokldance Festival di Iskele, Siprus Utara. Kompetisi tahunan yang diikuti beberapa Negara ini berlangsung pada 26 Juni – 2 Juli 2013. Yang dibuka oleh Presiden Turkish Republic of Northern Cyprus, Dr. Dervis Eroglo.

Dalam ajang ini peserta diikuti dari beberapa Negara, yakni Rusia, Turki, Republik Ceko dan Siprus Utara sebagai tuan rumah. Dalam aksi panggungnya siswi SMA 70 yang berjumlah 27 orang menampilkan empat tarian tradisional Indonesia diantaranya tarian Nandak Ganjen (Betawi),  Tempurung (Sumatera Barat), Lontar (Nusa Tenggara Timur) dan  Tifa (Papua) yang ditarikan secara medley dengan durasi kurang dari 10 menit.

Dalam penampilannya di panggung Gala Night, Tim Tari dari Indonesia mendapat tepuk tangan yang sangat bergemuruh dari penonton ketika para penari Indonesia begitu lincah dalam menari dengan kostum tradisional dan juga bergantian memainkan alat musik.

Grup tari dan musik tradisional SMA 70 yang dipimpin Tati Hayati, koreografer Denok Sugiman (Cioff) dan pelatih saman Yusri Saleh ini adalah satu-satunya peserta grup tari amatir. Walaupun grup tari amatir, tim tari SMA 70 mampu bersaing dengan Negara lain yang merupakan penari profesional dan mampu mendapatkan tiga penghargaan sekaligus.

Persiapan tim tari SMA 70 sebelum mengikuti festival sebetulnya tergolong minim. Dipimpin langsung oleh Said Rachmad, Presiden Cioff untuk Indonesia (Conseil Internationales des Organisations des Festivals de Folklore et d’Arts Traditionnels) yakni organisasi yang berkerjasama dengan UNESCO di bawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), dalam persiapanya mereka hanya mendapatkan kesempatan berlatih selama 3 bulan. Semua penari harus bisa membawakan 4 tarian dan mampu menguasi alat music. Ini adalah kali ke-8 grup tari teradisional SMA 70 mengikuti festival di turki dan baru kali ini mengikuti kompetisi. :: TEMPO.CO.ID/juli2011

 

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: