[unduh] Gender Bukan Tabu: Catatan Perjalanan Fasilitasi Kelompok Perempuan di Jambi

Topik Gender bukan lagi merupakan hal yang baru bagi kalangan feminis, peneliti, akademisi, organisasi kemasyarakatan, pejabat pemerintahan maupun kalangan umum lainnya di masyarakat. Berbagai studi telah dilakukan untuk melihat hubungan yang kompleks antara Gender dengan isu-isu penting seperti politik, pendidikan, kesehatan, pengelolaan sumberdaya alam, dan lain sebagainya. Berbagai institusi dan lembaga baik dari sektor formal pemerintahan, LSM, lembaga penelitian, dan lain sebagainya beramai-ramai mengadakan training, kampanye, penelitian, survei dan berbagai program kegiatan lainnya yang berkaitan dengan Gender.

Pertanyaannya adalah sejauh mana inisiatif-inisiatif tersebut efektif mendukung upaya penguatan kapasitas perempuan di akar rumput? Apakah posisi dan peran Gender dalam masyarakat mengindikasikan adanya perubahan? Bagaimana posisi perempuan di dalam keluarga? Apakah perempuan mulai ikut terlibat secara aktif dalam proses pengambilan keputusan di institusi atau lembaga lokal?

Buku ini diterbitkan pada tahun 2006 sebagai bagian dari hasil penelitian berjudul “Collective Action to Secure Property Rights for the Poor: Avoiding Elite Capture of Natural Resource Benefits and Governance Systems” kerjasama antara CIFOR, CGIAR System-wide Program on Collective Action and Property Rights (CAPRi), International Food Policy Research Institute (IFPRI) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo dan Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

UNDUH BUKU >> http://www.cifor.org/publications/pdf_files/Books/BDede0601.pdf

sumber >> http://www.cifor.cgiar.org/Publications/Detail?pid=2133

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: