Untuk Inspirasi Perempuan Sutradara, Nia Dinata Luncurkan Bookset

Nia Dinata berpendapat bahwa perempuan sutradara tidak bisa diabaikan lagi dan sudah saatnya diperhitungkan dalam industri perfilman nasional. Sebagai sutradara yang berulang kali membuktikan kekuatan karya film yang menyedot paling banyak penonton, Nia Dinata pada 23 Desember 2008 meluncurkan bookset empat karya filmnya yang terkenal, yaitu:  Perempuan Punya Cerita [2008], Berbagi Suami [2006], Arisan [2003], dan Ca Bau Kan [2002].

“Ini adalah sebuah gebrakan, karena apresiasi di dunia perfilman untuk perempuan masih sangat kecil,” kata Nia pada malam peluncuran. Produser film ‘Janji Joni’ itu mengharapkan bookset karya-karyanya ini dapat menjadi inspirasi bagi sutradara-sutaradara perempuan lainnya untuk terus berkarya. Ia percaya bahwa pada suatu saat di masa mendatang sutradara-sutradara perempuan akan menjadi tumpuan industri perfilman negeri ini, yang hingga kini masih didominasi sutradara lelaki. “Lewat bookset ini semoga sutradara perempuan di Indonesia bisa jadi sangat penting,” ucapnya.

Sinopsis

Perempuan Punya Cerita
Antologi empat  film pendek yang masing-masing mengisahkan kehidupan perempuan-perempuan biasa dengan pengalaman yang luar biasa. Dengan misi memberikan kesempatan lebih luas bagi perempuan untuk berkiprah dalam dunia perfilman di Indonesia, produksi ini telah melibatkan empat sutradara perempuan, dua penulis skenario perempuan, dan dua produser perempuan.

Berbagi Suami
Mengisahkan tiga cerita berbeda tentang tiga perempuan yang berasal dari kultur dan kelas sosial yang berbeda namun ketiganya menjalani satu sisi kehidupan yang sama, yaitu berbagi suami mereka dengan perempuan lain.

  • Best Director at the 34th International Independent Film Festival, Brussel 2007
  • Best Feature Film, Hawaii International Film Festivals 2006
  • Silver Award, 11th Lyon Asian Film Festival, France 2006
  • Best Movie, MTV Indonesia Movie Awards 2006
  • Best Director, Best Original Screenplay, Best Film, Jakarta Film Festival 2006
  • Best Film, Best Director, Best Screenplay, Best Art Director, Best Actress, Bandung Film Festival 2006

Arisan
Sebuah drama satir mengenai kehidupan para thirty something di Kosmopolitan Jakarta. Arisan menjadi ajang mereka berkumpul dan memperlihatkan kemapanan hidup mereka. Padahal di balik itu semua, mereka mempunyai masalah-masalah pribadi yang berusaha mereka tutupi. Sampai pada suatu titik dimana sebuah persahabatan yang sejati dari tiga karakter utama dalam film ini bisa menembus tembok keterasingan mereka.

  • Best Picture and Most Popular Film, Cinemasia FF, Amsterdam 2004
  • Best Picture, Best Director dan Most Favorite Supporting Actor, MTV Indonesia Movie Awards 2004
  • Best Film, 1st Bali International Film Festival 2003
  • Best Film, Best Director, Best Actor, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Indonesian FF 2004

Ca Bau Kan

Giok Lan diadopsi oleh keluarga Belanda pada zaman kolonial. Di usianya yang ke-60, nenek yang sudah bercucu ini kembali ke Indonesia untuk menelusuri masa lalunya. Ia hanya tahu bahwa ayahnya bernama Tan Peng Liang, padahal ada dua Tan Peng Liang dalam kehidupan ibunya. Yang manakah ayahnya? Apakah Tan Peng Liang yang membantu perjuangan Indonesia ataukah Tan Peng Liang si pengkhianat? Ibu kandung Giok Lan adalah seorang perempuan Betawi asli yang diperistri oleh seorang saudagar keturunan Tionghoa, yang dalam bahasa Hokian disebut ‘ca bau kan‘, bernama Tan Peng Liang. Namun ada dua lelaki bernama Tan Peng Liang di masa hidup ibunya. Satu, Tan Peng Liang  dari Semarang dan satu lagi Tan Peng Liang Tamim. Pencarian identitas sang ayah inilah yang menjadi misi Giok Lan di Indonesia. Film yang mengambil setting Batavia tahun 1930-1950 ini menampilkan percampuran budaya Betawi dan Cina pada era pendudukan Belanda dan Jepang.

  • Best Promising New Director and Best Art Director, Asia Pacific FF, Seoul, Korea 2002

 

:: Untuk membeli bookset, hubungi:

Kalyana Shira Films

Jalan Bunga Mawar No. 9
Pangeran Antasari, Cipete Selatan
Jakarta 12410
Indonesia

Tel.:
+62-21-750.3223
+62-21-750.3225
+62-21-7590.0343

Fax:
+62-21-769.4318

General email:
kalyanashira@yahoo.com

Website:
www.kalyanashira.com

 

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: