Yayasan Pulih

Keberadaan PULIH berawal dari pemikiran Kristi Poerwandari, Livia Iskandar, dan Ali Aulia tentang adanya ketimpangan antara kebutuhan dan ketersediaan tenaga psikolog dalam situasi sosial masyarakat saat ini. Yang dibutuhkan adalah psikolog yang memiliki kepedulian terhadap masalah kemanusiaan tanpa berorientasi pada keuntungan materil semata. Kebutuhan lain yang dipersepsikan adalah banyaknya fenomena kekerasan dan konflik di daerah yang membutuhkan antisipasi serta penanganan psikologis. Berdirinya PULIH pun dipenuhi keinginan untuk memutus rantai kekerasan agar korban kekerasan kelak tidak menjadi pelaku kekerasan berikutnya dan adanya pula kepedulian terhadap kondisi pekerja kemanusiaan yang rentan mengalami burn-out, kelelahan kepedulian maupun trauma sekunder akibat pekerjaannya.

Dengan mengajak tiga rekan lain yang memiliki idealisme sejalan, yaitu Ibu Saparinah Sadli, Mbak Karlina Leksono dan Mas Irwanto, para pendiri menandatangani akte pendirian PULIH pada tanggal 24 Juli 2002 di hadapan notaris. Sejak saat itu PULIH secara resmi hadir sebagai lembaga nirlaba profesional dan independen yang bergerak di bidang layanan psikososial untuk pencegahan, penanganan dan pemulihan trauma psikologis dan masalah psikososial.

Lingkup layanan PULIH ditujukan bagi individu, keluarga, dan kelompok dari berbagai usia atau jenis kelamin yang mengalami masalah penyesuaian diri secara psikologis akibat kekerasan yang dialaminya, termasuk mereka yang mengalami kekerasan domestik, kekerasan seksual, fisik dan psikis, kekerasan kolektif dan bentuk kekerasan lain, secara langsung maupun tidak langsung.

Pada awalnya PULIH mencoba untuk menjadi lembaga yang memiliki visi memulihkan harapan, memutus rantai kekerasan dan menggalang perdamaian. Namun sejalan dengan ideologi PULIH yang berkembang serta penyikapannya terhadap pencegahan, penanganan dan pemulihan trauma psikologis serta masalah-masalah psikososial maka diperjelaslah karakter Yayasan PULIH secara kongkrit dan komprehensif.

PULIH berupaya memberdayakan kembali korban, baik itu individu, kelompok, keluarga dan komunitas, sehingga dapat menjalani kehidupan produktif yang bermakna. Ciri khas PULIH adalah sebagai organisasi pembelajaran yang bermanfaat baik secara internal maupun eksternal (resource center/learning organization) dalam memasyarakatkan pengembangan mengenai pentingnya kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis melalui penyadaran akan pentingnya peran serta masyarakat dalam pencegahan, penanganan, dan pemulihan trauma. Dengan penekanan pendampingan psikososial berbasis komunitas, bekerjasama dan menguatkan mitra kerja, memakai prinsip pembelajaran sistematis, dan mengembangkan system rujukan. PULIH percaya  bahwa pencegahan dan penanganan trauma merupakan satu prasyarat untuk memutus rantai kekerasan dan menciptakan perdamaian.

website >> www.pulih.or.id

Pulih Kantor Pusat

JL. Teluk Barito No C 109
Rawa Bambu
Pasar Minggu
Jakarta
Indonesia
Telepon : +62-21-78842580
Fax : +62-21-78842580
Hotline : +62-21-98286398 +62 0888-1816860
Email : info@pulih.or.id

Pulih Aceh

Jl. Belibis No. 3
Banda Aceh 23243
Indonesia
Tel : +62 651 740 7951 +62 651 49723
Fax : +62 651 49723
Email : pulih.aceh@pulih.or.id

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: